Profil

Sejarah

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Konservasi Biota Laut Tual, sebelumnya bernama Stasiun Penelitian Laut Tual yang berada di bawah BPPSDL LIPI Ambon, yang didirikan pada tahun 1986. Tual di tetapkan sebagai lokasi Stasiun Penelitian Laut berdasarkan suatu studi kelayakan yang di laksanakan oleh LIPI. Penentuan ini sangat beralasan karena rekomendasi untuk membentuk suatu Stasiun Penelitian Biologi Laut daerah tropika telah dicetuskan oleh Th. Mortewsen pada tahun 1927. Rekomendasi Mortewsen tersebut didasari pada dua alasan utama yaitu :

  • Di salah satu pulau Kecil di Kepulauan Kai (Pulau Tanimbar) telah di temukan fauna laut dalam pada kedalaman 200 – 400 meter
  • Kepulauan Kai memiliki jenis biota laut terkaya yang pernah dilaporkan.

UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual merupakan salah satu satuan kerja yang berada dibawah Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.103 tanggal 13 September  2001 dan surat keputusan kepala LIPI No. 1151/M/2001 tanggal 05 Juni yang di pimpin seorang pejabat struktural Eselon IV.

UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual berada dan bertanggung jawab langsung kepada Unit Eselon II yaitu Pusat Penelitian Oseanografi. Unit ini mengkhususkan diri pada bidang konservasi biota laut. Tahun 2003 UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual berubah menjadi sebuah unit yang otonom dengan diberikannya status sebagai sebuah satuan kerja.


 

Keadaan Geografis

UPT. Loka Konservasi Biota Laut Tual terletak di desa Watdek, Kelurahan Ohoijang, Kecamatan Kei Kecil Maluku Tenggara. Dengan posisi sebagai berikut : S 050 48’ 46,3” dan E 1320 44’ 19,0”.


 

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok

UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI mempunyai tugas pokok “Melakukan Konservasi Wilayah Perairan Kepulauan Kai dan sekitarnya, Pelayanaan Jasa Informasi Coral Reef, dan Biota Dimersal Laut Dangkal serta Budidaya Perairan”.

Fungsi

Dalam melaksanakan tugas pokok diatas, UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI mempunyai fungsi :

  • Melakukan pengumpulan, penyimpanan dan pengawetan koleksi biota laut.
  • Melakukan pengumpulan, penyusunan catalog, penyajian data dalam bentuk data base.
  • Melakukan penelitian dan pengembangan biota laut langka (Endangered spesies).
  • Melakukan pengembangan dan pemanfaatan hasil penelitian konservasi biota laut.
  • Memberikan pelayanaan jasa informasi kelautan, khususnya tentang “Coral reef” dan biota demersal laut dangkal.
  • Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

Tujuan

Dalam melaksanakan kegiatan penelitian tujuan yang ingin dicapai oleh UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual adalah memperoleh hasil penelitian yang optimal dibidang konservasi laut. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup khususnya masyarakat pesisir.


 

 Visi dan Misi

UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual memiliki Visi dan Misi yang dijabarkan dari TUPOKSI UPT sebagai berikut.

Visi

  1. UPT memiliki teknologi budidaya biota laut ekonomis penting
  2. UPT memiliki data base biota laut di Maluku Tenggara dan sekitarnya
  3. UPT menjadi pusat informasi dan konsultasi tentang biota laut.

Misi

  1. Melakukan usaha penelitian dan pengembangan teknologi budidaya biota laut ekonomis penting
  2. Melakukan penelitian inventarisasi biota laut dikawasan Maluku Tenggara dan sekitarnya
  3. Membuat publikasi dan database biota laut dikawasan Maluku Tenggara dan sekitarnya
  4. Memperbaiki sistem pengelolaan perpustakaan dan data ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *